Kamis, Maret 19, 2009

pendidikan khusus

Re: [ditplb] Informasi Tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus

Dear Mr. Zox,
Saya kira hasil penelitian yang belum anda rasakan ya memang belum. Sebab hasil penelitian sebagus apapun jika tidak diimplementasikan oleh para pemegang kebijakan di bidangnya ya susah dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas. Penelitian itu mungkin baru dirasakan oleh yang terkait saja. Olwh karena itu bagaimana nih Dir. PSLB dan Dinas Pendidikan di Daerah dalam rencana kerja tahunan, jangka menengah, jangka panjang itu didasari hasil penelitian?? Semoga saja skripsi, tesisi, desertasi, dan hasil penelitian di kampus-kampus tidak hanya menumpuk di jurusan masing-masing.

Kedua, menurut saya ABK tidak menggantikan ALB atau Anak Cacat. Masing-masing tetap harus digunakan sesuai proporsinya. Jika perhatian kita adalah anak-anak penyandang cacat (phisik, mental, ataupun yang lainnya) ya mestinya pergunakanlah itu. Kalau kita bermaksud membicarakan percepatan belajar bagi anak berbakat, ya kita gunakan saja ALB.
Kemudian jika para guru dimana saja menyadari bahwa setiap individu di kelasnya mempunyai kebutuhan khusus dalam hal pendidikannya, maka akan terjadilayanan yang disesusikan (semoga) terhadap individu pelajar di kelas guru bersangkutan. Nah jika ada anak luar biasa, atau pun anak cacat yang masuk ke sekolah reguler kan bisa dilayani sesuai dengan kebutuhannya (lihat UU No 23). Barangkali itu salah satu keuntungannya. Penelitian UNS terhadap labelisasi menunjukkan bahwa orang sekarang cenderung melihat anak cacat, anak luar biasa, sebagai anak tanpa perlu labeling. Label ini sesuatu yang yangsah, tapi bermakna negatif. Jadi ya kita lihat saja kedepan apakah penambahan istilah ini akan menguntungkan atau tidak!!

Terima kasih, lain kali disambung lagi
Amuda

Achmad Yusuf wrote:


Dear All,

Bagi anda yang ingin mendapat informasi berkaiatan
dengan pendidikan anak berkebutuhan khusus termasuk
berbagai program dan kebijaksanaannya, silahkan
kunjungi situs kami www.ditplb.orid.

Salam,

Achmad Yusuf
ICT Manager Dit. PSLB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar